jump to navigation

Sejarah YVCI VM

Sebelum terbentuknya Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) Chapter Mempawah (VM), yang memiliki ide awal untuk mendirikan Chapter Mempawah ini adalah Freddy Hernawan. Karna sebelumnya Freddy Hernawan adalah salah satu anggota Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Pontianak (dengan Kode id V-029) maka tidak sulit mendapatkan dukungan teman-teman senior. Pada tahun 2009 Freddy diterima sebagai Pegawai Negeri di Pemerintahan Kabupaten Pontianak (Mempawah ibuKotanya). Waktu itu, sekitar pertengahan tahun 2009 Freddy sering melakukan perjalanan pulang pergi Pontianak – Mempawah. Dasar Ide untuk mendirikan Chapter Mempawah mulai muncul disini. “Kalau Pontianak dan Sanggau ada Chapter YVCI, Kenapa Mempawah Tidak? kalau menetap di Mempawah, agak repot mau kopdar nya di Pontianak. Kenapa nggak KOPDAR di Mempawah saja? itulah pertanyaan di benak freddy”.Atas dorongan Bro Ancha (dewan nasional kalbar waktu itu) yang gigih untuk support mendirikan Chapter Mempawah, yang notabene sebagai pertengahan jalur pantura kalbar. maka dengan semangat untuk mengembangkan daerah penyebaran YVCI, freddy mulai menjajaki dan menelusuri orang-orang yang bisa diajak bergabung dengan keluarga besar Yamaha Vixion Club Indonesia.

Dalam rentang waktu pencarian orang-orang yang mau bergabung dengan keluarga besar YVCI ini, muncul YVCI Chapter Sungai Kunyit (YVCI XX, Tahun 2009). dalam sejarahnya yang berat mencari orang-orang yang mau bergabung ada hambatan lain yaitu adanya club yang telah duluan ada, VRC Mempawah, yang lumayan kuat di Mempawah waktu itu. sehingga perekrutan anggota saling tarik menarik dan secara emosional juga kurang mendukung. namun pelan tapi pasti Freddy Mendekati VRC mempawah lewat acara club motor lokal secara kekeluargaan bahwa YVCi Mempawah tidak akan memusuhi VRC dan akan tetap menghargai club masing-masing. selain tantangan club lokal yang sudah ada, tantangan terberat lainnya adalah warga yang menggunakan Motor Yamaha Vixion Club masih sedikit. disinilah terjadi semacam exlusivitas pengendara Vixion. dan YVCI dianggap sebagai orang-orang yang “punya” atau “berada”. maka tak sedikit yang ragu dan malu untuk ikut bergabung.

Orang pertama yang Freddy temui adalah  Eddy. salah seorang yang ditemui dengan motor Yamaha Vixion Hitam ketika keluar dari warnet di jalan rubini. Tidak sabar ingin bergabung dengan YVCI, maka EDDY disarankan oleh Freddy untuk bergabung dulu dengan YVCI Chapter Sungai Kunyit.

Orang kedua yang freddy temui setelah Eddy adalah Santo. Santo mengenal Freddy dari seorang kawan pol PPnya yang juga anggota YVCI sungai Kunyit. Santo sangat ingin membentuk YVCi Chapter Mempawah percis dengan ide awal saya. berarti sampai sini kami sudah berkumpul 3 Orang yang memiliki ide dan cita-cita yang sama.

Dari kedua orang inilah freddy sangat terbantukan dalam mencari anggota yang lain. oiya.. untuk diketahui saja, ini benar2 lucu dan unik lho. Motor Eddy plat polisinya adalah KB 2525 ME (ME = Motor Edi) sedangkan Motor Santo Nomor Polisinya KB 2525 MS (MS = Motor Santo). itu nggak sengaja lho🙂 dari pertemuan dengan mereka saat itu, sempat terpikirkan oleh Freddy untuk mengganti nomor plat motornya dengan KB 2525 MF🙂

Orang ketiga yang Freddy temui kemudian adalah Paulo. Paulo adalah teman satu kantornya Santo yang juga punya Vixion. kemudian Wira (juga pol PP). selain itu santo juga punya teman yang bernama Heru, bekerja di BRI cabang Mempawah. kami saling cerita bahwa akan membentuk YVCI Mempawah. dengan semangat yang tinggi Heru mengajak temannya Herman yang bekerja di RS. Rubini Mempawah.

Setelah Freddy, Eddy, Santo, Paulo, WIra, Heru dan Herman berkumpul dan masih mencari orang-orang untuk bergabung dan membuat YVCI Mempawah mulai berat dan lelah, secara tak sengaja ada seorang kawan dari anjungan bernama wit, yang menyarankan ketiga temannya Welly, Riko dan Gayot dari kecamatan Toho untuk bergabung dengan YVCI Mempawah. alasan mereka mau bergabung dan membuat YVCI Mempawah sangat kuat. percis seperti kami… yang ingin memiliki club dan kelompok pertemanan dalam ruang lingkup pemilik Motor Yamaha Vixion kawasan Kabupaten Pontianak.

Akhirnya kami sudah lengkap 10 Orang. setelah lengkap, kami membentuk pengurus. Freddy Sebagai Ketua, Santo wakil, Paulo Sekretaris, Heru Bendahara, edi seksi anggota dan sisanya anggota. untuk welly di khususnya sebagai koordinator kawasan kec. toho, karena perlu diketahui bahwa perjalanan dari mempawah ke toho kurang lebih membuthkan waktu sekitar 45 menit.

Setelah Membentuk Pengurus, kami menentukan kode Chapter. Kami memilih VM. Mengapa V dan M? banyak alasan kami memilih V dan M sebagai kode chapter kami. pertama dan utama, kami berasumsi bahwa Mempawah Chapter adalah mewadahi dan mewakili untuk kabupaten, bukan hanya sekedar kecamatan atau kelurahan maupun desa. tidak seperti halnya Sanggau kota, yang ibukotanya  kabupaten Sanggau ataupun Ketapang yang ibukotanya juga Ketapang. Kabupaten Pontianak memiliki nama Ibukota bukan Pontianak. karena Pontianak sendiri sudah dipakai untuk nama Kota. sehingga lucu jika kami menggunakan nama Chapter Pontianak lagi. sehingga mau tak mau kami menggunakan nama Chapter Mempawah. maka dari gabungan Pontianak dan Mempawah inilah maka diambil V dan M. mengapa bukan P? sehingga menjadi PM? karena Chapter Pontianak Kota menggunakan kode V. sehingga untuk menarik benang merah itu, kami menggunakan V  (sebagai kabupaten Pontianak) dan M adalah Mempawah.

Catatan: di tahun 2013 kami mendengar nama kabupaten Pontianak akan di diganti menjadi kabupaten Mempawah. ini berita bagus bagi kami, sehingga orang tidak akan bingung lagi untuk melihat chapter ini.

Setelah terkumpul 10 orang dan tentunya para penguru dan nama chapter tersebut, kami menghubungi kembali dewan nasional (bro ancha) dan pusat untuk membentuk chapter Mempawah.

Tanggal yang kami tetapkan sebagai tanggal baik pendirian Chapter adalah 30 Mei 2010. Namun kegiatan deklarasinya pada tanggal 29 Mei 2010. Deklarasi dilakukan di kawasan Gelanggang Olah Raga Daeng Manambon Mempawah. dan dihadiri dari semua chapter di kalbar waktu itu. Pontianak, Sanggau, Ketapang, Sungai Kunyit, sekadau (waktu itu msh prospek). Sehingga, dalam catatan sejarah, YVCI VM adalah chapter Kelima yang didirikan di KALBAR.

Komentar»

1. antos saputra - 2 Januari 2014

bole gabung dak

Freddy Hernawan - 2 Januari 2014

Boleh banget bro


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: